KPU BANGKALAN IKUTI BIMBINGAN TEKNIS HUKUM ACARA PENYELESAIAN PERKARA PERSELISIHAN HASIL PEMILU 2019

KPU BANGKALAN – Jelang dilaksanakannya pemilihan umum (pemilu) tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) hukum acara penyelesaian perkara perselisihan hasil pemilihan umum tahun 2019, selama tiga hari mulai 4 s.d. 6 Oktober 2018.

Agenda ini bertempat di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di Cisarua, Bogor. Pada bimtek ini KPU Bangkalan diwakili oleh Kasubbag Hukum, Panji Kuncoro, S. IP.

Hari pertama Bimtek, peserta mendapatkan penjelasan teknis dari Kepala Pusdik Pancasila dan Konstitusi.

Selanjutnya pada hari kedua disampaikan materi Advokasi sengketa dalam Pemilihan Umum tahun 2019, Potensi dan mekanisme pengawasan serta penyelesaian sengketa dalam Pemilu tahun 2019, Hukum acara perselisihan hasil Pemilu Tahun 2019, Mekanisme tahapan dan kegiatan penanganan perkara perselisihan hasil pemilu tahun 2019 kemudian materi terakhir  tentang Teknis penyusunan jawaban termohon dalam perkara perselisihan hasil pemilu tahun 2019.

Bimtek hari ketiga, materi yang didapat oleh peserta adalah Praktek penyusunan jawaban termohon dalam perkara perselisihan hasil Pemilu DPR dan DPRD tahun 2019, Praktek penyusunan jawaban termohon dalam perkara perselisihan hasil Pemilu DPD, Presiden dan Wakip Presiden tahun 2019, Penanganan perselisihan hasil Pemilu tahun 2019 berbasis teknologi informasi dan komunikasi, Presentasi hasil penyusunan jawaban termohon perkara perselisihan hasil Pemilu tahun 2019.