KPU BANGKALAN IKUTI RAPAT REKONSILIASI WILAYAH TINGKAT PROVINSI UNTUK UAPPA-W

KPU BANGKALAN – Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim)  menggelar rapat Rekonsiliasi Wilayah tingkat Provinsi untuk UAPPA-W (Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran-Wilayah). Acara ini dilaksanakan di hotel Zoom jalan Raya Jemursari Nomor 109 B-C Surabaya.

Rapat rekonsiliasi ini mengundang Bendahara Pengeluaran dan Operator SAIBA dari 38 KPU Kabupaten/Kota. Dan dihadiri juga oleh Sekretaris KPU Jatim, Muhammad Eberta Kawima, Kepala Bagian Program Data; Organisasi dan SDM, Suharto.

Dalam laporannya, Suharto Ketua Kegiatan sekaligus sebagai Pejabat Pembuat Komitmen APBN, menyampaikan bahwa latar belakang diadakannya kegiatan ini salah satunya adalah karena KPU sebagai lembaga pengguna anggaran dan barang yang seluruh rangkaian kegiatan dan belanjanya dibiayai oleh APBN dan APBD. “Sehingga KPU mempunyai tugas untuk menyusun dan menyampaikan laporan keuangan atas penggunaan anggaran tersebut,”tutur Suharto.

Di dalam rapat rekonsiliasi ini, “UAPPA-W akan mencocokkan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem atau subsistem yang berbeda, berdasarkan dokumen sumber yang sama,” jelas Suharto.

Sementara itu, Sekretaris KPU Jatim, Muhammad Eberta Kawima dalam sambutannya mengimbuhkan UAPPA-W dalam rapat akan melaksanakan musyawarah bersama, dan melaksanakan tugas bersama, dalam rangka melaksanakan rekonsiliasi bersama.

“Targetnya setelah diadakan kegiatan ini, dapat tersusun laporan keuangan dalam bentuk laporan realisasi anggaran, neraca dan catatan atas laporan keuangan sesuai standar akuntansi pemerintahan”, tambah Eberta.