KPU BANGKALAN MELAKUKAN REKRUTMEN ANGGOTA PPK TAMBAHAN PASCA PUTUSAN MK NOMOR 31/PUU-XVI/2018 UNTUK PEMILU TAHUN 2019

KPU BANGKALAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan sudah memilih 36 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) tambahan untuk tiap kecamatan. Sebelumnya terdapat 83 calon penyelenggara pemilu 2019 yang tidak lolos.

Surat edaran (SE) KPU RI Nomor 137/pp.05-sd/01/kpu/XI/2018, diperintahkan KPU kabupaten/kota untuk melakukan rekrutmen tambahan sebanyak dua orang anggota. Sebab, pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 31/PUU-XVI/2018, jumlah PPK itu harus lima orang.

”Bagi kami tetap memprioritaskan pengalaman dan pengetahuan. Terpilihlah 36 orang untuk mengisi tambahan anggota PPK,” kata Fauzan Selasa (20/11/2018).

Fauzan menyampaikan, dalam proses rekrutmen anggota PPK tambahan tidak serta-merta tanpa pertimbangan. Bahkan, yang masuk lima besar pada saat pilkada kemarin ada yang diambil lagi. Tapi, ada juga tidak terpilih.

”Yang kemarin masuk lima besar dan menjadi PPK-nya pilkada itu tidak ada jaminan kami ambil lagi,” ujarnya.

Sebab, lanjut Fauzan, tes wawancara yang dilakukan itu lebih kepada assessment. Dengan demikian, komposisi PPK di masing-masing kecamatan itu ada yang berubah dan ada yang tidak. ”Ada yang diambil dua-duanya. Tapi, ada yang tidak,” imbuhnya.