KPU Bangkalan Hadiri Rakor Pemungutan, Penghitungan, Rekapitulasi Suara dan Penetapan Hasil Pemilu Tahun 2019

SIDOARJO.KPUBKL. KPU Kabupaten Bangkalan hadiri undangan dari KPU Provinsi Jawa Timur dalam acara Rakor Pemungutan, Penghitungan, Rekapitulasi Suara dan Penetapan Hasil Pemilu Tahun 2019 yang diselenggarakan selama 2 hari yakni Sabtu (01/03) sampai Minggu (02/03) yang bertempat di Swiss-Belhotel Sidoarjo.

Perwakilan dari KPU Kabupaten Bangkalan, dihadiri oleh Moch. Fauzan Ja’far (Ketua), Badrun (Divisi Teknis) dan Etty Chotidjah (Operator Situng).

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan menuturkan rakor ini penting dilaksanakan mengingat KPU Provinsi ingin memastikan penyelenggara di tingkatan KPU Kabupaten/ Kota memahami tata cara pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019. “Selain itu juga memastikan KPU Kabupaten/ Kota telah memahami tata cara rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019, dan memastikan KPU Kabupaten/Kota sudah melakukan atau menjadwalkan bimtek kepada PPK dan/atau PPS. Terakhir juga ingin mengetahui sejauh mana kesiapan KPU Kabupaten/Kota dalam menyiapkan perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara serta dukungan perlengkapan lainnya,” paparnya saat memberikan arahan dalam pembukaan acara (02/03).

Sehingga usai rakor ini dilaksanakan, diharapkan KPU Kabupaten/ Kota segera menindaklanjuti dengan membuat bimbingan teknis pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara pemilu 2019 beserta SITUNG di jajaran penyelenggara di bawahnya.

“KPU Kabupaten/ Kota diharapkan pula dapat melakukan simulasi pemungutan, penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019. Berikutnya memastikan dan menyiapkan perlengkapan pemungutan, penghitungan suara serta dukungan perlengkapan lainnya yang dibuthkan dalam pemilu 2019 dengan sebaik-baiknya,” tegas Mantan Anggota KPU Kabupaten Pasuruan ini.

Insan mengungkapkan pada rakor ini, peserta akan mendapatkan materi terkait, pemantapan SITUNG, dan simulasi pungut, hitung suara dan rekapitulasi hasil suara. “Serta memetakan permasalah dalam bentuk DIM (Daftar inventaris Masalah) yang sekiranya akan muncul dalam tahapan pungut, hitung suara dan rakpitulasi hasil suara,” tutupnya./ YUDITH