KPU Bangkalan Ikuti EUT SAKTI



KPUBKL-PAMEKASAN. KPU Kabupaten Bangkalan memenuhi Undangan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pamekasan dalam acara Bimbingan Teknis Pelaksanaan End User Training SAKTI WEB K/L yang diselenggarakan selama 2 hari sejak Rabu (27/11) hingga Kamis (28/11) bertempat Ruang Victoria Room 1 (Lt.2) Hotel ODAITA, Jalan Raya Sumenep Nomor 88, Pamekasan.

Bimtek diikuti seluruh satuan kerja (satker) kementerian/ lembaga selain Kemenkeu di wilayah pembayaran KPPN Pamekasan. Hadir mewakili KPU Kabupaten Bangkalan, Endang Wahyuningsih sebagai operator SAIBA. Para peserta membawa laptop yang terkoneksi wifi agar dapat mempraktekkan langsung materi yang disampaikan narasumber.

SAKTI merupakan aplikasi yang fungsinya untuk mendukung pelaksanaan SPAN (Sistem Perbendaharaan Dan Anggaran Negara). Seluruh user bisa memulai dengan meng-install aplikasi Pandu SAKTI di Playstore untuk mengikuti informasi terkini dan panduan penggunaan SAKTI Web. 

Satker dapat menggunakan SAKTI setelah melakukan pendaftaran user melalui KPPN Pamekasan dan penatausahaan secara mandiri. Serta melakukan penyusunan RKAKL DIPA dan revisi DIPA/POK pada SAKTI Web. Mulai tahun anggaran 2020, SAKTI berbasis web mulai diaplikasikan pada instansi atau satker pengelola dana APBN. 

SAKTI merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang digunakan pada satker sebelumnya. Selain itu juga mengadopsi proses bisnis yang sesuai dengan SPAN, yaitu menerapkan single database sehingga tidak duplikasi data seperti pada aplikasi sebelumnya.

SAKTI terdiri dari sembilan modul. Yakni, modul penganggaran, komitmen, pembayaran, bendahara, persediaan, aset tetap, piutang, pelaporan, dan administrator. Mengingat waktu implementasi yang semakin dekat, seluruh satker mitra kerja segera dilakukan end user training. Khususnya modul administrator dan modul penganggaran SAKTI. ‘’Modul administrator digunakan untuk perekaman user, pejabat dan penandatangan,’’ jelasnya.

Sedangkan modul penganggaran akan digunakan untuk revisi DIPA 2020 dan menyusun RKAKL 2021. Akhirnya, SAKTI Web mengakomodir seluruh tahapan anggaran mulai dari perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran dari seluruh satker. KPPN memastikan EUT SAKTI terlaksana dengan baik (YUDITH)