Putusan DKPP : KPU Bangkalan Tidak Terbukti Melanggar Kode Etik

KPUBKL-JAKARTA. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah membacakan putusan terkait laporan dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh anggota KPU Bangkalan. Namun, hasil putusan DKPP menyebutkan bahwa Anggota KPU Bangkalan tidak terbukti melakukan pelanggaran kode etik.

DKPP telah melakukan sidang dugaan pelanggaran kode etik untuk KPU Bangkalan pada 4/12/2019 di gedung DKPP Jakarta yang dimulai sejak pukul 02.00. Sidang tersebut langsung dipimpin ketua DKPP Dr Harjono. Sementara dari KPU Bangkalan dihadiri oleh ketua KPU Bangkalan Zainal Arifin.

Ketua KPU Bangkalan mengatakan, pihaknya hadir ke sidang DKPP dalam rangka mendengarkan putusan DKPP.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat Bangkalan karena hasil putusan DKPP menyebutkan bahwa Anggota KPU Bangkalan tidak terbukti melanggar kode etik,” katanya.

Dengam demikian tambahnya, pihaknya berharap bahwa isu-isu yang selalu menyudutkan Anggota KPU Bangkalan ditepis secara hukum.

“Hasil putusan DKPP menyebutkan bahwa Nama anggota KPU Bangkalan dihabilitasi karena tidak terbukti melanggar kode etik,” jelasnya.

Ketua DKPP Harjono yang juga menjadi pimpinan sidang kode etik menyebutkan Berdasarkan penilaian atas fakta dalam persidangan sebagaimana diuraikan dalam putusan.

“Setelah memeriksa keterangan para Pengadu, jawaban tertulis para Teradu
serta bukti dokumen yang disampaikan para Pengadu dan para Teradu, Dewan
Kehormatan Penyelenggara Pemilu menyimpulkan bahwa:
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu berwenang mengadili pengaduan
Pengadu;
Pengadu memiliki kedudukan hukum (legal standing) untuk mengajukan
pengaduan a quo; dan
Teradu I Zainal Arifin, Teradu II Achmad Fauzi, Teradu III Sairil Munir, Teradu IV Arif Bahtiar dan Teradu V Sri Handayani tidak terbukti melakukan pelanggaran Kode
Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu,” katanya.

Dia memutuskan, Menolak pengaduan Pengadu untuk seluruhnya. “Merehabilitasi nama baik Teradu I Zainal Arifin selaku Ketua merangkap
Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangkalan, Teradu II Achmad
Fauzi, Teradu III Sri Hendayani, Teradu IV Sairil Munir, Teradu V M. Arief
Bachtiar masing-masing sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten
Bangkalan terhitung sejak Putusan ini dibacakan,” pungkasnya.(ADMIN)