KPU Bangkalan Bimtek SAKIP

KPUBKL-BATU. KPU Kabupaten Bangkalan menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten/Kota. Bimtek diselenggarakan di Hotel Swiss Bellin Sidoarjo selama 2 (dua) hari, Jumat (06/12) hingga Sabtu (07/12).

Bimtek kali ini mengundang Divisi Perencanaan dan Data KPU kabupaten/kota serta Kasubbag Program dan Data KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Hadir dari KPU Kabupaten Bangkalan Arief Bachtiar selaku Anggota KPU Kabupaten Bangkalan Divisi Perencanaan dan Data KPU kabupaten/kota serta Abdul Syukur selaku Kasubbag Program dan Data KPU Kabupaten Bangkalan.

Ketua KPU Jatim (Choirul Anam) dalam sambutannya memaparkan bahwa hasil penilaian SAKIP untuk KPU di Jawa Timur belum maksimal dan relatif jelek. Menghadapi persoalan tersebut Arif menilai perlu ada bimtek penyusunan SAKIP agar tiap satuan kerja (Satker) KPU bisa menyusun akuntabilitas kinerja lembaganya dengan baik.

Kaitannya dengan SAKIP, Anam menegaskan jika tanggung jawab tersebut sejatinya melekat pada tugas komisioner KPU Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi. Oleh karena itu, ia menegaskan perlunya kecakapan dan keluasan pemahaman tentang SAKIP bagi komisioner dan kasubbag yang membidangi divisi tersebut.

Adapun penilaian SAKIP untuk 39 satker KPU di Jawa Timur hasilnya adalah sebagai berikut; KPU Provinsi Jawa Timur memperoleh nilai B, 7 satker memperoleh nilai CC, 29 satker memperoleh nilai C, dan 2 satker memperoleh nilai D. (YUDITH)